Keutamaan Mencari Ilmu

Dalam sejarah Islam tercatat bahwa ilmu pengetahuan dapat berkembang dengan pesat sekali. Puncak Kemajuan itu terjadi pada masa kekhalifan Umayyah yang berpusat di Cordova, dan kekhalifahan Abbasiyah yang berpusat di Baghdad. perkembangan itu tidak hanya terbatas pada ilmu pengetahuan yang berhubungan langsung dengan agama, akan tetapi sekaligus juga dalam ilmu pengetahuan pada umumnya.

Hal itu disebabkan karena Al-Qur'an dan hadits sendiri memberikan dorongan yang sangat kuat. Allah berfirman yang artinya: "Allah akan meninggikan orang-orang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat" (QS. Al-Mujadalah:11)

Dalam firman yang lain ditegaskan pula yang artinya: "Katakanlah : Adakah sama orang yang mengetahui (berilmu pengetahuan) dengan orang-orang yang tidak mengetahui (tidak berilmu pengetahuan)? Sesungguhnya hanya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran" (QS. Az-Zumar:9).

Sementara itu Nabi bersabda yang artinya : "Belajarlah (tuntutlah ilmu sekalipun di negeri Cina, karena belajar itu wajib bagi setiap muslim". (HR. Ibnu Abd Bar). Nabi bersabda pula yang artinya: "Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat" (HR. Dailamy).

Dalam sabdanya yang lain beliau menandaskan : "Barangsiapa menghendaki kebahagiaan hidup di dunia haruslah dicapai dengan ilmu. dan barang siapa yang menghendaki kebahagiaan di akhirat harus di tempuh dengan imu. dan barang siapa menghendaki keduanya maka haruslah dicapai dengan ilmu" (HR. Tabrani).


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan