Ucapan Yang Biasa Imam Ucapkan Sebelum Shalat?

Pertanyaan : Assalamualaikum, apakah ucapan yang biasa diucapkan imam jelang shalat mau dilaksanakan? Bagaimanakah posisi makmum jika hanya terdiri dari dari dua orang?


Pada umumnya setiap mushalla atau masjid, terdapat garis-garis yang membentang dari selatan ke utara tegak lurus dengan arah ke kiblat. Garis-garis tersebut dimaksudkan untuk memudahkan dalam pengaturan shaf (barisan) dalam shalat berjama'ah, sehingga menjadi lurus dan rapi. Bukankah dengan merapikan dan meluruskan shaf itu termasuk dalam sempurnanya shalat jama'ah?

Memperhatikan sabda Nabi yang sering di ucapkan oleh imam dalam pengaturan shaf :

حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَوُّوا صُفُوفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصُّفُوفِ مِنْ إِقَامَةِ الصَّلَاةِ

artinya : "Samakanlah (luruskanlah) shafmu karena lurusnya shalat itu termasuk kesempurnaan shalat" (HR. Bukhari - Muslim)
yang imam ucapkan adalah seperti hadits tersebut diatas.

jika jama'ah itu banyak dan terdiri dari laki-laki, wanita, dan anak-anak, maka yang berada di depan ialah shaf laki-laki, kemudian untuk anak-anak, dan selanjutnya untuk wanita. andaikata anak-anak hanya satu orang, maka hendaklah digabungkan pada shaf orang dewasa. Tentu saja yang terlebih dahulu diisi oleh shaf terdepan, baru kemudian shaf di belakangnya. demikian seterusnya.

Jika makmum itu hanya terdiri dari satu orang, maka hendaklah ia berdiri di belakang imam sebelah kanan. jika ada makmum yang datang kemudian, hendaklah ia berdiri  di sebelah kiri makmum yang pertama. tentu saja menempati shaf yang pertama lebih utama daripada shaf di belakangnya. oleh karena itu jika shaf di depan masih ada yang kosong hendaklah di penuhi terlebih dahulu. selain itu, antara jama'ah yang satu dengan jama'ah yang lain hendaklah dirapatkan. Dengan demikian shalat jama'ah dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan teratur

Writed by : D_AGP
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan