Karakteristik Calon Suami Yang baik Dalam Islam

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Karakteristik Calon Istri yang Baik, berikut adalah  Karakteristik Calon Suami Yang baik Dalam Islam

1. Taat Beribadah, Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala, “Sesungguhnya, wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita budak musyrik, walaupun dia menarik hatimu.“ (Al-Baqarah : 221)

2. Hafal ayat-ayat Al-Qur`an secukupnya karena Nabi S.A.W. Pernah menikahkan salah seorang sahabatnya dengan mahar ayat-ayat  Al-Qur`an yang dihafalnya.

3. Memiliki kesanggupan (Al-Ba`ah) dengan dua pengertiannya yang utuh, yakni kesanggupan melakukan hubungan badan dan kesanggupan menyediakan persiapan pernikahan dan nafkah hidup. Rasulullah saw. Menyuruh para pemuda agar segera menikah setelah memiliki kesanggupan  (Al-Ba`ah). Beliau berkata kepada Fatimah binti Qais ra., “Mu`awiyah itu miskin. Dia tidak punya harta yang cukup. “ (HR. Muslim, Nasa`i dan Abu Dawud)

4. Penyayang Kepada Wanita
Rasulullah saw. Bersabda saat menyatakan penilainnya terhadap Abu Jahm, “Abu jahm itu seorang lelaki yang tidak bisa meletakkan tongkat dari pundaknya (keras dan kasar). Karena itu, menikahlah dengan usamah. “(HR. Muslim, Nasa`i dan Abu Dawud)

5. Menarik hati wanita (calon istri) saat menatapnya
, Tujuannya adalah untuk menghindari perasaan tidak suka diantara keduanya dan agar wanita tidak mengingkari kebaikannya.

6. Tidak mandul. Masalah ini berkaitan dengan hadist-hadist tentang keutamaan memiliki keturunan, kecuali bila ada masalah-masalah tertentu yang membenarkan kondisi tersebut. 

Wallahu a`lam BishShawab

 tags : 
calon suami, yang baik, calon suami yang dianjurkan dalam islam, cara memilih pasangan yang baik, calon suami yang baik, calon suami idaman dalam islam, calon suami idaman menurut islam, calon suami islam, calon suami idaman, calon suami terbaik menurut islam, calon suami yang baik menurut islam.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan