Karakteristik Istri Yang Dianjurkan Menurut Islam

Assalamulaikum sahabat ustadzah, semoga bisa menjalankan Bulan Ramadhan dengan baik, dengan lancar, tentunya dengan sehat selalu. Disini in shaa Allah ustadzah akan memberikan ilmu meskipun sedikit dan semoga bermanfaat bagi para pembaca setia ustadzah.

Karakteristik Pasangan Suami Istri
Berbicara tentang karakteristik pasangan suami istri tentunya sahabat ustdazah semuanya pasti menginginkan karakter istri ideal begitupun sebaliknya juga menginginkan karakter suami ideal?

Karakter Istri Ideal

1. Taat Beragama. 
Dalilnya adalah firman Allah S.W.T, “Sesungguhnya, wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita budak musyrik, walaupun dia menarik hatimu. “ (Al-Baqarah: 221). Rasullullah S.A.W. bersabda “Maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya bebanmu menjadi ringan.“ (HR.Bukhari dan Muslim).
2. Nah, selain taat beragama, dia juga cantik, memiliki latar belakang keluarga yang baik dan kaya. Maka itu lebih baik. Ini berdasarkan sabda  Rasulullah S.A.W, “Seorang wanita dinikahi karena empat alasan: Kekayaan, Kecantikan, Keturunan yang baik, dan Ketaatannya. Pilihlah wanita yang taat, niscaya bebanmu menjadi ringan. “(HR. Bukhari dan Muslim)
3. Selain Cantik dan memiliki latar belakang keluarga yang baik dan juga harus lembut dan penuh kasih sayang, Rasulullah S.A.W. Bersabda, “Wanita penunggang unta yang paling baik adalah wanita-wanita sholehah dari suku Quraisy. Mereka paling penyayang kepada anak ketika masih kecil dan paling pandai mengurus suami dan apa yang dimilikinya. “(HR. Bukhari dan Muslim)
4. Dianjurkan Perawan. Dalilnya adalah pernyataan Nabi S.A.W. Kepada Jabir bin Abdillah r.a. Sesaat setelah menikah, “Apakah engkau menikah dengan seorang gadis perawan atau janda?” Jabir menjawab, “Janda.” Rasullullah S.A W. Berkata lagi, “Mengapa tidak dengan gadis perawan  saja, agar  engkau dapat bermain-main dengannya dan dia bermain-main denganmu? “(HR.Bukhari dan Muslim)
Tapi bisa jadi akan lebih baik menikah dengan janda apabila ada alasan kuat, seperti mengikat hubungan besan dengan orang-orang saleh, atau meringankan kesedihan dan penderitaan wanita yang ditinggal mati oleh suaminya, atau untuk mengurus anak-anak yatim, serta alasan-alasan kuat lainnya.
5. Cantik, Patuh, dan Jujur
Dalilnya adalah hadist Abu Hurairah R.a. Yang menuturkan bahwa ketika Nabi S.A.W. Ditanya tentang seperti apakah model wanita yang paling ideal? Beliau menjawab, “Dia adalah seorang wanita yang menarik jika suami menatapnya, patuh saat suami menyuruhnya, dan tidak menyalahi suami dalam hal tidak dia sukai dari dirinya dan dalam urusan hartanya. “ (HR.Nasa`i dan Ahmad)
6. Penyayang dan Subur
Rasulullah S.A.W. Menyuruh lelaki agar menikah dengan wanita yang memiliki sifat seperti itu.


 tags :
karakteristik istri sholihah, karakteristik istri sholehah,karakteristik istri solehah, karakteristik istri idaman, karakteristik istri yang baik, karakteristik istri soleha



Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan