Arti Penting Mempelajari Bahasa Arab

motivasi islam islamic, islamic quotes
tanpa mengurangi arti pentingnya bahasa lain, dapat dikatakan bahwa akhir-akhir ini bahasa arab justru memiliki peluang yang lebih baik untuk dipelajari oleh semua orang.Hal ini bukanlah sekedar anggapan kosong. Melainkan telah lama disadari dan dilaksanakan perwujudannya oleh-oleh bangsa eropa dan amerika, mereka merasa harus benar-benar menguasai Bahasa Arab, karena dengan alat tersebut dapat dijalain hubungan  dan kerja sama ekonomi yang sangat menguntungkan dengan bangsa-bangsa  timur tengah yang menguasai ladang perminyakan dunia.

Sayang sekali, kita bangsa Indonesia yang pada hakikatnya telah lebih dulu memiliki hubungan yang baik dengan bangsa-bangsa timur tengah akan tetapi justru sebaliknya, ada sebagian pihak yang belum mengerti dan kurang sadar akan perlunya memanfaatkan kesempatan tersebut. mempelajari bahasa arab tentu saja akan mempermudah memahami ajaran islam. 

atas dasar pemikiran tersebut, sudah saatnya untuk tidak lagi mempertahankan pandangan keliru yang telah usang dan terus membelenggu kita, sehingga melupakan perhatian  terhadap arti pentingnya mempelajari bahasa arab. sebailknya, mempelajari bahasa arab berarti semakin cerahnya masa depan seseorang, sehubungan dengan dengan kewajibannya untuk menjalankan ajaran agama secara baik maupun dalam rangka memperoleh keuntungan duniawi. lebih terperinci akan arti pentingnya mempelajari bahasa arab dapat diuraikan sebagai berikut :

Dahulu Bahasa Arab di kelompokkan dan identik dengan orang tua yang memakai sarung atau kain panjang berkendaraan unta, tetapi pada zaman sekarang justru sebaliknya, kini bahasa arab telah melampui kedudukannya sebagai petro dollar, karena berkat ditemukannya kekayaan minyak yang melimpah ruah di negara-negara timur tengah. sejalan dengan maksud peribahasa "ada gula ada semut"  ternyata memang demikianlah dalam prakteknya, akhir akhir ini masyarakat dari berbagai penjuru dunia banyak yang datang membanjiri kawasan tersebut untuk berlomba-lomba ikut menikmati rizki anugerah yang melimpah ruah tersebut. Berangkat dari mencari tujuan rezeki, masyarakat dari luar Arab tersebut, berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mencari kunci yang dapat menghantarkan mereka sampai pada titik kesuksesan.

Disisi lain, terdengar berita bahwa belakangan ini sebagian pemborong dan pedagang kita juga telah mencoba ambil bagian untuk mengadu nasib di negara-negara timur tengah seperti halnya saudi Arabia, kuwait, dan sebagainya. ternyata hasilnya cukup menggembirakan, dan dikalangan para pencari kerja pun upah yang mereka dapatkan jauh lebih tinggi dibanding rata-rata penghasilan di tanah air. Singkatnya, ada semacam daya tarik yang sepantasnya menjadi pendorong bagi masyarakat kita untuk bersungguh-sungguh mempelajari bahasa arab guna meraih kesuksesan di masa depan. 

Terlepas dari motif dan tujuan yang bersifat ekonomi tersebut, betapapun  juga mempelajari bahasa arab tetap merupakan keharusan agama yang tidak mungkin diabaikan.  sebab mayoritas rakyat indonesia yang beragama islam ini, dalam batas-batas tertentu jelas membutuhkan Bahasa Arab untuk dapatnya memenuhi ajaran Islam secara benar dan sempurna, misalnya untuk melakukan Shalat, mengumandangkan adzan,  membaca ataupun mempelajari dan mengkaji Al Qur'an. Melaksanakan ibadah haji dan sebagainya. mau tidak mau tetap membutuhkan alat utamanya yaitu Bahasa Arab.

Oleh karena itu mempelajari bahasa arab pada hakikatnya mempunyai kepentingan ganda, pertama : penting bagi mereka yang ingin memperoleh kemudahan dan sukses dalam usahanya mencari nafkah. Kedua : Justru teramat penting bagi kita semua dalam kaitannya dengan keharusan untuk dapat menjalankan perintah agama dengan sempurna. yan terakhir itulah yang justru perlu mendapat penekanan khusus, mengingat kenyataannya ada sejumlah kewajiban syariat agama yang harus dapat dipatuhi  secara sempurna, dan hanya akan dapat dipenuhi jika kita memahami bahasa arab. Ambillah contoh pada shalat, ia merupakan perintah Allah yang hukumnya wajib, artinya harus dilaksanakan  dan sekaligus pelaksanaannya harus baik dan benar. Berarti kita juga wajib melakukan usaha yang dapat menghantarkan tercapainya kemampuan melafadzkan bacaan shalat secara fasih.  untuk sampai ke tujuan tersebut maka memerlukan bahasa arab.  begitu juga untuk memahami ayat-ayat yang dibaca dalam ibadah shalat, kita juga butuh untuk memahami bahasa arab. Akhirnya, mempelajari bahasa arab bertemu dengan kewajiban suci dalam rangka memenuhi perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Wallahu A'lam Bishshawab

kamus bahasa arab, kamus, kamus arab,arti bahasa arab, nama bahasa arab, bahasa arab indonesia, belajar bahasa arab, tutorial bahasa arab, belajar bahasa arab, panduan belajar bahasa arab, how to belajar bahasa arab, bahasa arab untuk pemula, belajar dasar-dasar bahasa arab, belajar bahasa arab dasar

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan