Bimbingan Shalat Jum'at

Sebelum Shalat

Shalat jum'at adalah shalat dua rakaat pada hari jum'at setelah khutbah, dan dikerjakan pada waktu dhuhur. orang yang telah menunaikan shalat jum'at tidak lagi diwajibkan menunaikan shalat Dhuhur pada hari tersebut. Allah berfirman yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari jum'at, maka segeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui" (Al-Jum'ah : 9)

Shalat Jum'at itu tidak diwajibkan kepada wanita, akan tetapi hanya diwajibkan bagi laki-laki muslim yang mukallaf, merdeka, sehat, dan bukan musafir. Oleh karena itu orang yang sedang sakit atau bepergian tidak diwajibkan melakukan shalat jum'at. Nabi Bersabda yang artinya "Shalat jum'at itu kewajiban setiap muslim (laki-laki) dilakukan dengan berjamaah, kecuali bagi yang empat : hamba sahaya, wanita, anak-anak, dan orang yang sakit. (HR. Abu Dawud)

Di negara kita yang beraskan Pancasila ini, setiap hari jum'at kantor-kantor dan sekolah ditutup pada jam 11.00 WIB agar kaum muslimin mendapat kesempatan melaksanakan shalat jum'at dengan sebaik-baiknya. bahkan  telah banyak kantor-kantor, Pabrik, dan sekolah-sekolah yang menyelenggarakan shalat jum'at. Baik dimasjid yang terdapat di dalamnya atau pada ruang luas yang memenuhi syarat.

Bagi orang yang hendak mendatangi atau melaksanakan shalat jum'at disunnahkan :
  1. Mandi Sebelumnya
  2. Mengenakan pakaian yang baik dan putih
  3. Memakai wangi-wangian
  4. Memotong Kuku
  5. Berjalan ketika menuju ke masjid
  6. Bersegera datang ke masjid, (yang dimaksud bukan berjalan dengan terburu-buru)

Ketika Sedang Khutbah.

setibanya dimasjid sebelum duduk disunnatkan melakukan shalat Tahiyyatul Masjid, sebanyak dua raka'at. Lebih Utama Ma'mum mengambil tempat di Shaf yang paling depan dekat khatib dan imam, sambil menunggu Khutbah hendaklah berdzikir. berdo'a atau membaca kitab Suci Al-Qur'an.

Setelah adzan diserukan Khatib berkhutbah diatas mimbar. ketika khutbah makmum mendengarkan khutbah dengan tenang dan penuh perhatian. Nabi bersabda yang artinya : "Bila kau katakan kepada kawanmu : Diamlah,  sewaktu khatib berkhutbah, maka sesungguhnya telah binasalah (rusak) Jum'atmu". (H.R. Bukhari dan Muslim)


 Adapun rukun khutbah jum'at adalah :
  1. Membaca hamdalah dalam kedua khutbah
  2. Membaca Shalawat Nabi
  3. Membaca Kalimat Syahadat.
  4. Berwasiat agar bertakwa kepada Allah
  5. Membaca Ayat Al-Qur'an
  6. Mendoakan ampunan kepada kaum muslimin dan muslimat.


Dalam Khutbah Disyaratkan :
    keutamaan shalat jum'at, Masjid terindah
  1. Khutbah dilakukan setelah tiba waktu Dhuhur
  2. Berdiri dalam dua Khutbah
  3. Duduk sebentar diantara dua khutbah.
  4. Dengan suara keras agar terdengar oleh makmum. 
  5. Berturut-turut (baik dalam rukunnya, maupun dalam menjalankan khutbah dan Shalat)
  6. Khatib suci dari hadats dan najis
  7. Menutup aurat.
Shalat Jumat, Shalat jumat bagi wanita, tata cara shalat jum'at bagi wanita, Shalat jum'at bagi mushafir, shalat jum'at dulu, Shalat Jum'at Pertama Nabi Muhamad, tata cara shalat jum'at, tutorial shalat jum'at, panduan shalat jum'at, bimbingan shalat jum'at, syarat-syarat shalat jum'at, rukun shalat jum'at, sunnah shalat jum'at, kewajiban shalat jum'at, tentang shalat jum'at, hukum shalat jum'at, shalat jum'at dan tata caranya, cara mengerjakan shalat jum'at terlengkap (rukun shalat jum'at), tata cara shalat jum'at, tata cara pelaksanaan shalat jum'at secara umum, syarat sah shalat jum'at, adab menghadiri shalat jum'at, shalat jum'at harus 40 orang, Khotbah shalat jum'at, syarat khotbah shalat jum'at, panduan khotbah shalat jum'at, tutorial khotbah jum'at.hukum tidak shalat jum'at


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan