Dzalim - Akhlak Tercela

islamic quotes
Dzalim merupakan kebalikan dari sifat adil, artinya aniaya. Yang dimaksud dzalim ialah suka melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Seperti halnya menyakiti, merampas hak orang lain, bersikap sewenang-wenang terhadap orang lain, bertindak secara kejam terhadap orang lain, dan sebagainya.

Sedangkan sumber kedzaliman terhadap sesama manusia tersebut ialah dzalim terhadap Allah.Yakni tidak mentaati perintah-Nya, dan melanggar larangan-laranga-Nya.

Sifat dzalim sebenarnya tidak hanya akan merugikan oran lain saja, akan tetapi lebih berat lagi dapat merugikan diri sendiri. bukankah orang dzalim tidak disukai bahkan dibenci dalam kehidupan masyarakat. Lebih dari itu sifat dan sikap demikian tidak hanya di akhirat, di duniapun ia akan memperoleh balasan dalam kehidupannya. Yakni seperti berupa bencana, kehancuran, malapetaka dan sebagainya

Perhatikanlah Firman Allah dalam Surat Yunus ayat 13 :

"dan sesungguhnya Kami telah membinasakan ummat-ummat sebelum kamu, ketika mereka berbuat kedzaliman"

Demikianlah balasan terhadap orang-orang dhalim dalam kehidupan di dunia ini. Apalagi di akhirat kelak akan mendapat siksaan. Sebagaimana tersebut dalam Sabda Nabi yang artinya : "Takutlah (jauhilah) perbuatan dzalim. Sesungguhnya kedzaliman itu akan menimbulkan kegelapan (malapetaka) pada hari kiamat." (HR. Muslim)


tags : orang dzalim, definisi dhalim, pengertian dzalim, sifat tercela, sifat terpuji, pengertian sifat tercela, perilaku tercela, contoh sifat tercela.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan