Pokok-Pokok Ajaran Dalam Al Qur'an Bagi Kehidupan Umat Manusia

Islamic Quotes
Sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab suci yang telah diturunkan sebelum di Utusnya Rasululloh sebagai Nabi Akhir Zaman, Al-Qur'an memuat pokok-pokok ajaran bagi kehidupan manusia di dunia ini.

Pokok-pokok ajaran tersebut adalah : 
a. Ajaran tentang keimanan / kepercayaan yang secara garis besarnya dirangkum dalam pokok-pokok dalam rukun iman yang enam

b. Ajaran tentang hukum Syariah, memuat peraturan-peraturan yang secara menyeluruh, sebagai rambu-rambu atau peraturan perundang-undangan. aturan tersebut meliputi hal-hal yang berkaitan dengan problematika ibadah, muamalat, dan sebagainya

c. Ajaran tentang Budi Pekerti atau Akhlakul Karimah, berisikan tentang aturan-aturan atau tata krama atau cara bersikap terhadap orang lain. baik antara manusia dengan manusia, manusia dengan Makhluk lainnya serta Manusia dengan lingkungannya.

d. Ajaran tentang Muamalah, memuat konsep kemasyarakatan yang mengatur hubungan kerja sama diantara sesama manusia, dalam keluarga, bertetangga, ataupun bermasyarakat.

e Sejarah, atau yang lebih dikenal dengan istilah Tarikh. memuat hal-hal tentang tamsil atau ibarat atau perumpamaan yang perlu diambil keteladanannya dan dijadikan sebuah pelajaran. Tarikh menceritakan kisah-kisah umat terdahulu.

itulah kelima pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam Al-Qur'an

"Sesungguhnya Kami-Lah yang menurunkan Al-Qur'an  dan sesungguhnya  Kami benar-benar menjaganya".  (Q.S Al Hijr : 9)

Kandungan Al Qur'an, Ajaran Al Qur'an, Intisari Al Qur'an,  Pokok Dalam Al Qur'an, Isi Kandungan A Qur'an, Pokok Kandungan Al Qur'an, Kandungan dan Isi Al Qur'an, Rahasia Kandungan Al Qur'an.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan