Pokok-pokok Pelajaran Bahasa Arab (1)

motivasi islam islamic, islamic quotes
Inti dari uraian tersebut adalah untuk memberikan sebuah gambaran kepada para pembaca tentang beberapa cabang ilmu bahasa arab, dimana bagian-bagian ilmu tersebut sekaligus menjadi bagian pendukung bagi tumbuh dan berkembangnya bahasa arab sampai sekarang. Atau katakanlah bahasa arab sebagai suatu bidang studi disekolah atau madrasah, maka pokok-pokok pelajaran bahasa arab yang dimaksud dalam uraian ini adalah sebagai kumpulan sub bidang studi.

Namun demikian, kitapun tidak mungkin menguraikan secara keseluruhan, cukuplah kiranya bila kita kenal dan pahami, yang utama adalah poin-poin penting saja, adalah sebagai berikut :

1. Ilmu Ashwat

Dalam tata bahasa Indonesia, ilmu ini biasanya dikenal dengan nama "fonologi" atau ilmu tata bunyi, maksudnya adalah suatu ilmu yang membicarakan perihal bunyi ujaran yang dipakai dalam tutur kata, dan sekaligus mempelajari bagaimana menghasilkan bunyi-bunyi tersebut dengan alat ucap manusia. Sedang dalam tata bahasa inggris, imu Ashwat ini hampir sama dengan "phonetics" yang biasanya telah dikenal pada permulaan mempelajari bahasa inggris. dan ternyata demikian pula hal-nya, ilmu ashwat juga harus kita kuasai sebagai langkah awal dalam mempelajari bahasa arab.

Pokok-pokok masalah yang dibicarakan dalam ilmu ashwat ialah perihal cara mengucapkan abjad Arab secara fashih dan benar, atau dengan kata lain ilmu Ashwat membahas soal makhroj hurug hijaiyah, baik ketika berdiri sendiri sebagai abjad maupun setelah dirangkaikan dan diberi harokat menurut keperluan yang ada. Hanya saja konten berikutnya sengaja tidak dibicarakan, dengan maksud agar pembaca dan pembelajar lebih fokus pada materi pembelajaran bahasa arab saja.

Namun demikian, jika misalnya ada diantara pembaca / pembelajar ingin lebih memperdalam lagi lebih lanjut tentang perihal ilmu Ashwat (fonologi) ini, barangkali waktunya tidak akan pernah terlambat. sebab betapapun juga ilmu ashwat adalah kunci pertama dalam mempelajari bahasa arab.

2. Ilmu Shorof

Dalam tata bahasa indonesia, yang hampir sama dengan ilmu sharaf ini ialah "morfologi" atau ilmu bentuk kata, hanya sedikit berbeda dalam beberapa segi penekanannya, dimana sebagaimana kita ketahui dalam bahasa indonesia ada dua macam bentuk kata, yaitu kata dasar (morfem bebas) dan kata imbuhan (morfem terikat). Penggunaan teori ini misalnya dari kata dasar "tulis" dengan bantuan morfem terikat dapat kita bentuk sejumlah kata baru seperti menulis, tulisan, penulis, tertulis, tulislah, tempat menulis, waktu menulis, alat menulis, dan lain sebagainya. Pada morfem "tulis" tersebut dalam proses perubahan tersebut masih tampak unsur keasliannya walaupun kadang-kadang huruf t nya menjelma menjadi huru "n" seperti "menulis" menjadi "tulisan".
 
Ilmu Sharaf dalam salah satu intinya juga mengarah kesana, hanya saja yang disebut kata dasar itu setelah menjadi kata jadian ternyata tata bunyi dan tulisannya banyak mengalami perubahan. contohnya :

kataba             = menulis

kitaabatan       = tulisan

kaatibun         = penulis

maktuubun     = tertulis

uktub             = tulislah

maktabun      = tempat menulis

maktabun      = waktu menulis

miktabun       = alat menulis

selain ada perubahan tata bunyi dan bentuk tulisan itu, sebagaimana tampak di atas bahwa  :
kataba       = menulis, dan bukan tulis

walau demikian, dalam segi tertentu jelas terdapat persamaan antara ilmu sharaf dengan morfologi, dan karena itulah agaknya tidak terlalu sulit bagi kita untuk mempelajari ilmu shorof kelak pada waktunya, sebagai langkah ke dua dalam mempelajari bahasa arab guna mengetahui bentuk-bentuk serta proses perubahan sesuatu kata menurut qaidah yang berlaku dalam bahasa ini

kamus bahasa arab, kamus, kamus arab,arti bahasa arab, nama bahasa arab, bahasa arab indonesia, belajar bahasa arab, tutorial bahasa arab, belajar bahasa arab, panduan belajar bahasa arab, how to belajar bahasa arab, bahasa arab untuk pemula, belajar dasar-dasar bahasa arab, belajar bahasa arab dasar, belajar arab mudah, belajar arab online, bahasa arab mudah, bahasa arab online, bahasa arab dasar, kamus arab, kamus bahasa arab.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan