Pokok Pokok Pelajaran Bahasa Arab (Bagian 2)

3. Ilmu Nahwu

Menurut Peristilahan tata bahasa modern, cabang ilmu semacam ini dikenal dengan nama "sintaksis" yaitu bagian dari tata bahasa yang mempelajari dasar-dasar dan proses pembentukan kalimat. Jadi sasarannya bukan lagi perihal huruf dan bukan pula kata, melainkan kalimat yang sudah berdiri secara lengkap sempurna serta memiliki arti yang dapat dipahami oleh seseorang.

Dalam tata bahasa indonesia, sintaksis ini antara lain membicarakan tentang jabatan kata dalam kalimat, misalnya subyek, predikat, obyek, dan lain sebagainya. Demikian pula halnya dengan ilmu nahwu, salah satu pokok pembicaraannya adalah seperti itu, Hanya perlu diketahui bahwa ilmu nahwu, selain membahas dan membicarakan tentang uraian kalimat menjadi beberapa kata dengan jabatan atau kedudukannya masing-masing, ada segi lain yang cukup penting yaitu perihal terjadinya perbedaan bunyi akhir dari sesuatu kata atas dasar perbedaan kedudukannya dalam kalimat. Misalnya setiap obyek harus diharokati dhommah pada huruf yang paling akhir, sedang untuk obyek penderita harus diharokati fathah pada huruf yang paling akhir tersebut.

Dalam praktek penggunaannya ilmu nahwu ini sama sekali tidak dapat dipisahkan dengan ilmu shorof dan ilmu Ashwat. atau dengan kata lain ilmu nahwu selalau membutuhkan bantuan dari ilmu shorof dan ilmu ashwat. Barangkali atas dasar pertimbangan inilah, banyak pihak yang beranggapan bahwa ilmu nahwu adalah satu-satunya dalam tata bahasa arab. karena dengan menyebut ilmu nahwu, berarti telah masuk di dalamnya ilmu shorof dan ilmu ashwat.

Terlepas dari perbedaan pendapat yang ada, memang kenyataannya ilmu nahwu ini mempunyai kedudukan teramat penting, bahkan seringkali dianggap sebagai inti dari tata bahasa arab. dan oleh karena itu, adalah suatu keharusan bagi kita untuk menguasai ilmu tersebut. Sebab hanya dengan cara inilah kita akhirnya berhasil memiliki kemampuan berbahasa arab dalam arti yang selengkapnya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini