Takabbur Dalam Islam - Definisi Takabbur dan Penjelasannya

Iri dan Dengki maksudnya adalah tidak senang jika orang lain mendapatkan sebuah kenikmatan. Sifat demikian timbul karena kurang iman, seorang, sombong atau rendah pekerti. Karena itu orang yang memiliki kepribadian yang baik harus menjauhkan diri dari sifat dan sikap yang tercela tersebut.

Adapun yang dimaksud sombong ialah merasa diri lebih besar dari pada orang lain dan menganggap kecil orang lain serta meremehkannya. Sifat dan sikap yang demikian itu amat tercela. Bahkan tidak pantas bagi setiap orang yang mempunyai kepribadian yang baik. Sebab itu harus dijauhi oleh setiap muslim.

Adakalanya orang menjadi sombong karena ilmu atau kecerdasan yang dimilikinya. Karena kecantikan rupa, karena rupanya, karena keturunan orang yang terpandang, dan sebagainya. Orang yang mempunyai kelebihan demikian itu biasanya suka meremehkan orang lain. Karena menganggap orang lain itu berada dibawahnya. Sehingga ia tidak senang jika ada orang yang menandinginya, apalagi jika ada orang yang melebihinya.

Sifat dan sikap sombong jika kita biarkan di dalam hati, maka akan menimbulkan sifat-sifat lain yang lebih buruk. sehingga tidak saja akan merugikan orang lain, akan tetapi juga akan merugikan diri sendiri. Karena itu setiap orang haruslah menyadari bahwa setiap pribadi memiliki kelebihan tersendiri yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, meskipun dalam dirinya juga memiliki kekurangan. Bukankah kita semua adalah keturunan Adam dan Hawa?


Disebutkan dalam Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang artinya : " Janganlah kamu memalingkan mukamu kepada manusia karena kesombongan, dan janganlah berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri". Al-Qur'an Surat Lukman : 18

Wallahu A'lam Bishshawab.


Takabbur adalah, definisi takabbur, definisi sombong, pengertian sombong, arti sombong, pengertian sombong, arti takabbur, penjelasan takabbur, penjelasan sombong, sombong (takabbur), takabbur dalam islam, sombong dalam islam, takabbur in islam. takabbur meaning, takabbur artinya, sombong artinya, takabbur dalam islam, takabbur kepada Allah, sifat sombong atau takabbur, pengertian takabbur dan hukumnya, pengertian takabbur dan penjelasannya, beda takabbur, beda takabbur dan, beda takabbur antara, beda sombong, orang paling sombong, orang tersembong, perbedaan sombong
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan