Pengertian Ilmu Tafsir

Secara harfiah, kata tafsir mengikuti wazan taf'il yang berasal dari kata al-fasr. yang memiliki arti menjelaskan, menyingkap, dan menapakkan atau menerangkan makna yang abstrak. Kata predikatnya mengikuti wazan daraba-yadribu dan nasara-yamsuru, fasara (asy-syai'a) yafsiru dan yafsuru, fasran dan fasarahu artinya abanahu (menjelaskannya). Kata at-tafsir dan al-fasr memiliki artinya menjelaskan dan menyingkap yang tertutup. Adapun kata at-tafsir berarti menyingkapkan maksud sesuatu lafadz yang musykil dan sulit. Definisi tafsir dengan makna tersebut sesuai dengan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikut ini




Sebagaimana dijelaskan Abu Hayyan, tafsir ialah ilmu yang membahas tentang cara pengucapan lafadz Al-Qur'an, tentang petunjuk-petunjuk, hukum-hukumnya ketika berdiri sendiri, tersusun, maupun makna yang dimungkinkan baginya tersusun serta hal-hal yang melengkapinya.

Tafsir Al-Qur'an adalah penjelaskan maksud firman-firman Allah sesuai dengan kemampuan pemikiran manusia. kemampuan tersebut bertingkat-tingkat, sehingga hal-hal yang dicari atau diperoleh seorang penafsir dari al-Qur'an tafsirnya-pun bertingkat-tingkat pula. Kecenderungan  manusia juga berbeda-beda anatara yang satu dengan yang lain, dengan yang dihidangkan dari pesan-pesan ilahi.

Ali Hasan Al'Arid mengemukakan bahwa tafsir Al-Qur'an adalah ilmu yang membahas bagaimana lafadz Al-Qur'an di ucapkan, makna-makna yang ditunjukkan, dan hukum-hukumnya ketika berdiri sendiri, tersusun, maupun makna-makna yang dipungkirkan ketika dalam keadaan tersusun. Menurut Al-Kiibi, tafsir ialah menafsirkan Al-Qur'an dengan menerangkan maknanya dan menjelaskan  hal-hal yang dikehendaki dengan nash-nya, isyaratnya atau rahasia-rahasianya.

jadi, ilmu tafsir adalah ilmu yang mempelajari kandungan yang ada di dalam Al-Qur'an
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini