Apakah diperbolehkan membacakan Al-Qur’an untuk orang Sakit?

Apakah diperbolehkan membaca Al-Quran untuk orang yang sedang sakit dengan niat lantaran Allah Ta'ala ataupun membacakan Al-Qur'an pada orang yang sakit dengan lantaran dibayar?

Bila tujuannya yaitu meruqyah (menyembuhkan) orang sakit dengan Al-Quran jadi itu hukumnya boleh (mubah), bahkan juga disarankan, berdasar pada sabda Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam : Barangsiapa di antara kalian mampu memberikan faedah pada saudaranya, jadi sebaiknya ia mengerjakannya. Juga lantaran beliau serta beberapa sahabat radhiyallahu 'anhum pernah melakukan hal semacam itu.

Namun Baiknya ruqyah itu dikerjakan tanpa adanya pemberian bayaran, walaupun sebenarnya memungut bayaran diijinkan lantaran ada dalil dari Sunnah yang membolehkan hal semacam itu.

Bila tujuannya yaitu menjadikan pahala meruqyah itu untuk orang yang sakit, (transfer pahala) jadi hal semacam itu tak bisa dikerjakan, lantaran tak ada dalilnya dalam syariat.

Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
"Barangsiapa mengada-adakan dalam soal (agama) kami ini yang bukanlah datang dari masalah agama kami, maka perkara itupun tertolak" Muttafaq 'Alaih

Wallahu A’lam bishshawab

PLPFRI :
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
syaikh Abdurrazzaq `Afifi
syaikh Abdullah bin Qu'ud
syaikh Abdullah bin Ghadyan





Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan