Seharusnya Seorang Pemuda Bersikap–Nasehat Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Bagaimanakah seorang pemuda muslim bersikap terhadap agamanya? mengingat pemuda yang sedang berada pada tahapan usia yang dianggap berat pada keseluruhan fase kehidupan manusia,  Apakah saran terbaik anda bagi mereka.  Sebaiknya mereka mengajak pada jalan Allah serta tak fanatik buta pada gagasannya bila kebenaran terlihat pada orang lain. maka semestinya ia ikuti kebenaran dimanapun ia berada, sepatutnya untuk di ikuti. Ringkasnya, jadikanlah Rasulullah teladan dalam perbuatan, akhlak serta sifat dan dalam syiar.




berdasar pada firman Allah Ta'ala dalam Surat Al-Ahzab : 21 :
“Sesungguhnya sudah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu”

=================================================================

Secara fitrah, waktu muda adalah tahap kehidupan manusia yang paling maksimal. Dengan kematangan jasmani, perasaan serta akalnya, sangatlah lumrah bila pemuda mempunyai potensi yang besar dibanding dengan golongan orang-orang lainya. Kepekaan yang tinggi pada lingkungan banyak dipunyai pemuda. Pemikiran urgent mereka sangatlah didambakan umat. Di mata umat serta orang-orang biasanya, mereka yaitu agen pergantian (agent of change) bila orang-orang terkungkung oleh tirani kedzaliman serta kebodohan. Mereka juga motor penggerak perubahan saat orang-orang melaksanakan sistem pembangunan. Tongkat estafet peralihan satu peradaban terdapat di pundak mereka. Buruk baiknya nasib umat nantinya, tergantung pada keadaan pemuda saat ini. Juga sebagai pemuda, mereka mempunyai ciri-ciri yang positif, diantaranya idealis serta energik. Idealis berarti mereka para pemuda masih tetap belum terkontaminasi oleh kebutuhan pribadi, juga tidak terbebani oleh berat histori atau beban posisi. Ada ulama yang menyebutkan bahwa seseorang pemuda memiliki tiga peran, yaitu :
  • Pemuda sebagai generasi penerus. pengganti perubahan karakter yang lebih baik dari pendahulunya yang berpedoman teguh pada islam untuk wujudkan satu perubahan;
  • Juga sebagai generasi selanjutnya. Melanjutkan nilai-nilai ajaran murni islam pada perkembangan periode dalam perkembangan islam;
  • Juga sebagai agen pembaharu. Melakukan perbaikan terhadapnya rusaknya akhlak dan hal lain yang dapat menghalangi perkembangan islam di waktu mendatang.
Wallahu A'lam Bishshawab


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan