Wahai Bunda, Didiklah Aku Dalam Islam

Hajjah Irena Handono (mantan biarawati yang menjadi muallaf) dalam sebuah Video Ceramahnya mengkaji tentang  Keutamaan dan Mulianya Mendidik Anak. Disamping Mengejar kesuksesan dalam sebuah karir.
mengutamakan pekerjaan kantor dengan mengesampingkan pendidikan anak adalah tidak tepat. Menyandang Predikat Ibu Ramah Tangga itu merupakan status yang sangat Mulia. Tidak Satupun Orang Tua Menghendaki jikalau sang anak pada  akhirnya akan terperosok kedalam jurang kenistaan dan menjadi sesat, tidak satupun yang berharap hal itu akan terjadi.
 
di peradaban zaman sekarang, Menurut Beliau,perihal  mendidik anak Diperlukan pengawalan lebih. Jika memang memungkinkan, sejak mata terbuka dan terpejam kembali, kita perlu untuk memperhatikannya.
 
sebagian besar perubahan dan perkembangan perilaku anak mendapat  pengaruh besar dari seorang ibu. menurut ahli perkembangan jiwa, ibu-lah yang lebih banyak berperan terhadap sentuhan emosional seorang anak. Hajjah Irene mengibaratkan jika kita mempunyai sebuah baju yang bagus, tentu saja kita tidak akan menyetujui jika baju tersebut, ditaruh di lemari baju sang pembantu. begitupula perihal mendidik anak.
 
Beliau menilai jika kedudukan dan peran ibu sudah terlihat jauh bagi anak, terkikis oleh sekulerisme, kehidupan liberal, dan modernisasi. Bahkan untuk menjaga anak saja, diperlukan seorang baby sitter.
 
Hal itulah yang menjadi sebuah alasan untuk melejitkan karir diluar kehidupan berumah tangga. Padahal fungsi dari status seorang ibu sangat diperlukan. Seorang anak adalah ibarat gaun yang berharga mahal. perlu penjagaan dan perawatan yang baik agar ia tetap indah. sepatutnya seorang ibu tidak menyerahkan penjagaan anak terhadap orang yang tidak terpelajar. 

sebagai salah satu contoh adalah negara jepang. bagaimana negara tersebut pernah melewati masa-masa degradasi akhlak. disebabkan faktor masuknya arus globalisasi negara barat. Budaya asli tidak mendapat pengakuan lagi. peningkatan drastis bunuh diri terus memiliki grafik yang tinggi. Namun, kajian yang cepat, sikap yang tanggap, negara dengan budaya baju kimono tersebut mengaplikasikan jika pendidikan yang utama adalah melalui keluarga, bagi mereka keluarga adalah “Pahlawan”

Hal tersebut justru berbanding terbalik dengan negeri kita.

Jika dikembalikan pada Al-Qur’an, islam memberikan amanah yang sungguh-sungguh dalam kehidupan berkeluarga. beliau mengutip ayat pada  berikut : 



Status ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang sangat mulia, sedang pendidikan dalam kehidupan berkeluarga adalah hal yang utama. Jangan biarkan moral anak terus termakan oleh masuknya budaya asing, selangkah demi selangkah, sedepa demi sedepa, sehasta demi sehasta. hingga akhirnya islam kembali menjadi asing, Naudzubillah

Bagikanlah, semoga dapat memberikan manfaat pada yang lain, dengan menekan tombol share dibawah berikut :
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan