Dari Tiada Kita Menjadi Ada - Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji'uun

Setiap pribadi tentu saja menginginkan jalan hidup yang mulus, mudah menjalani, dan selalu dinaungi kebahagiaan dan kegembiraan. namun kerapkali kebahagiaan yang kita harapkan tersebut kita peroleh melalui proses yang kita senangi. adakalanya ia datang melalui proses yang bernama kesukaran, kesedihan, dan kesulitan.



Dalam Surat Al-Baqarah ayat 155-156, Allah menjelaskan adanya ujian dalam menjalani hidup. Allah menciptakan hal yang menyenangkan, Allah juga memasangkannya dengan hal yang tidak menggembirakan. bentuknya bisa berupa kesedihan, ketakutan, kekurangan uang, sandang, pangan, dan sebagainya.

Namun sejatinya kebahagiaan, hanya Allah berikan bagi orang yang berlaku sabar. Orang yang berlaku sabar tersebut mengerti, dan paham betul : bahwa segala sesuatu itu datang dari Allah, dan pada akhirnya ia juga akan kembali lagi padanya.

Salah satu hikmah dari kalimat tersebut adalah munculnya kesadaran, bahwa segala sesuatu itu pada hakekatnya hanya milik Allah.

dan yang kedua adalah tumbuhnya kesadaran bahwa pada dasarnya hanya kepada Allah semua akan kembali, Hanya Allah sebaik-baik tempat mengembalikan segala urusan, dan memang sepatutnya segala urusan  kita kembalikan hanya kepada Allah.

Semakin seseorang sadar bahwa pada hakekatnya kita tidak memiliki sesuatu apapun, maka seseorang tersebut akan semakin memiliki hati yang ringan, pikiran yang mudah, serta leluasa menjalani langkah menjalani hidup dalam mencari keridhoan Allah.

Tidak terikat hati ketika mendapatkan karunia berlimpah yang bisa membuat lupa diri. tidak berat ketika melepas karunia Allah ketika memang sudah waktunya Allah ambil kembali.

Semakin seseorang meyakini Bahwa Pertolongan adalah dalam kuasa Allah, semakin tangguh orang beriman menghadapi hidup. semakin seseorang mencari pertolongan selain Allah, maka keresahan yang akan meliputi hati, akal, dan perasaan seseorang.

Ya Alllah Jadikanlah kami pribadi yang berhati lapang, sabar dalam menerima takdir-Mu, sesungguhnya segala sesuatu itu adalah berasal dari Engkau, dan pasti akan kembali Pada-Mu lagi.... aamiiin
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan