Meminta Maaf Pada Orang Yang Sudah Meninggal Dunia, Bagaimanakah Caranya?

Pertanyaan : Assalamualaikum ummi, Bagaimanakah caranya meminta maaf pada ibu, Padahal Beliau sudah tidak ada lagi di dunia ini (Meninggal Dunia)

Jawaban :

 Pada dasarnya dalam islam, perbuatan dosa itu terbagi dalam dua hal, Pertama dosa secara vertikal, yaitu dosa terhadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dan yang kedua adalah dosa secara Horisontal, yaitu dosa terhadap sesama (sesama manusia, sesama makhluk ciptaan Allah/Hewan dan lingkungan alam)

Dosa terhadap Allah, adalah dengan memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Mengganti Keburukan dengan amalan baik dengan Taubatan Nashuha...

Dosa terhadap sesama adalah dengan meminta maaf kepada orang yang bersangkutan :



adapun jika dosa terhadap sesama itu menyangkut harta, maka hendaklah mengembalikan atau menggantinya dengan sebaik-baik pengembalian. Sedangkan apabila tidak memiliki kemampuan maka  hendaklah meminta maaf dan mengharap keridhaan dari orang yang bersangkutan.

Sedangkan apabila orang yang bersangkutan sudah meninggal dunia, maka pengembaliannya diserahkan kepada Ahli Warisnya. sedangkan apabila ahli warisnya tidak dapat diketahui keberadaanya, maka penggantian dilakukan dengan cara mewakafkannya untuk kepentingan/kemashlahatan agama dan umat. Dengan niat sebagai pengganti dan penebus dosa mengharap Keridhoan Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Sedangkan dosa terhadap sesama yang tidak menyangkut harta, misalnya pernah membicarakan aibnya, mencaci, dan lain sebagainya, maka hendaklah meminta maaf dan mengharap keridhoan dari orang yang bersangkutan. 

Namun Jika tidak memungkinkan, karena suatu alasan tertentu : misalnya orang yang bersangkutan sudah meninggal dunia, maka berendah dirilah di hadapan Allah Subhnahu Wa Ta'ala, seraya memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Jika dosa tersebut adalah kepada orang tua kita yang sudah meninggal dunia, maka mintakanlah ampunan kepada Allah seraya bersujud setiap menunaikan shalat.  Mendoakan beliau semoga dosa-dosa beliau dimaafkan. Bersedekah dengan meniatkan pahalanya kepada beliau. berbuat baik dan menjaga tali silaturrahmi dengan saudara kita yang lain. dengannya semoga Allah mengangkat dosa-dosa  kita, terhadap orang orang tua yang sudah lebih dulu meninggalkan kita.

Allahummaghfirlaha, Warhamha, Wa'afiha Wa'fu"anha.......
Semoga allah Mengampuni, mengasihi, mengampuni dan memaafkannya.. aamiin

Wallahu A'lam Bishshawab.

 Semoga bisa memberikan manfaat, bagikanlah juga pada yang lain

source :maktabah syamilah

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan