Percakapan Antara Abu Hanifah dan Anak Kecil - (Nasehat Sang Anak Untuk Sang Imam)

Abu hanifah atau Nu’man Bin Tsabit atau yang lebih mahsyur kita kenal dengan Imam Hanafi suatu ketika pernah bersenggolan dengan seorang anak kecil.

pada saat bersenggolan, Sang anak kecil tersebut sedang mengenakan sandal dari kayu, Abu hanifah-pun secara spontan berujar dan menasehati. “berhati-hatilah nak dengan sandal kayu yang kamu kenakan, jangan sampai sandal kayu tersebut menggelincirkan dan mematahkan kakimu. Sang anak kecil-pun merasa senang mendapatkan sebuah nasehat dan mengucapkan terima kasih.

kemudian sang anak bertanya, “tuan, bolehkah saya mengetahui nama anda?”
Imam Abu menjawab, “Nu’man Bin Tsabit adalah namaku..”
Sang Anak sedikit kaget, “ternyata Tuan adalah orang yang memiliki gelar yang sangat mahsyur Al-Imam Al-A’dzom [imam agung]”
Imam Abu Hanifah menjawab, “gelar kehormatan tersebut tidak berasal dari diriku sendiri, melainkan masyarakatlah yang memberikan gelar dan panggilan tersebut”
Sang Anak Kecil tiba-tiba memberi nasehat, “Duhai Al-imam Al-A’dzom, lebih berhati-hatilah dengan gelar atau panggilan yang diberikan masyarakat kepada anda, jangan sampai gelar tersebut menggelincirkan anda kedalam neraka. sandal kayu yang kukunekan hanya bisa menggelincirkanku di dunia dan mematahkan kakiku, Namun gelar yang anda kenakan bisa jadi menggelincirkan anda ke dalam api neraka yang sangat panas dan abadi akibat ketakabburan dan keangkuhan. berhati-hatilah tuan”

Imam Abu hanifah-pun tersadarkan dan tersungkur menangisi posisi dan gelar yang telah masyarakat berikan. dalam  hati ia sangat bersyukur, Beliau tidak mengira jika sebuah nasehat dan peringatan hadir dari seorang anak kecil yang masih polos. tidak sedikit-pun beliau merasa tersinggung.

tidak sedikit manusia di dunia yang telah tertipu oleh sebuah gelar kehormatan, kedudukan, pangkat dan dan jabatan.
Semoga Allah jadikan kita dan anak keturunan kita sebagai pribadi yang amanah, tidak lalai akibat pangkat, kedudukan, dan jabatan yang mereka pegang

imam abu hanifah



Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat Klo boleh tau itu sumbernya dari hadis apa ya

    ReplyDelete

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan