Katakanlah "Hadza Min Fadzli Rabbi" Ketika Mendapat Pujian

Suatu ketika Rasulullah Shallallahu "alaihi Wasallam mendapat salah seorang sahabat sedang memuji sahabat lainnya secara berlebihan. kemudian Beliau bersabda, "Sesungguhnya kau telah membuat celaka/mematahkan punggung lelaki tersebut" HR. Muslim

Penjelasan :
Dalam hadits tersebut Rasulullah Shallallhu 'Alaihi Wa Sallam memberikan perumpamaan bagi orang yang memuji saudara/sahabatnya secara berlebihan. Diperkenankan memuji orang lain guna menumbuhkan semangat, sebab jikalau dilakukan secara berlebihan dicemaskan akan menumbuhkan secara tidak sadar sifat takabbur (sombong) serta riya' (berharap pujian dari manusia bukan dari Allah)

di kutip dari kitab Riyadhus Sholihin

  untuk tetap menjaga hati dari kecenderungan terhadap sifat takabur ketika sedang di puji, maka jangan hanya cukup mengatakan terima kasih, tapi ucapkanlah "Hadza Min Fadzli Rabbi : Sesungguhnya ini adalah karunia Tuhanku"


هَٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي



hal ini diteladankan oleh Nabi Sulaiman dalam Surat An-Naml pada Ayat 40. 
Pada hakekatnya segala kelebihan yang ada pada diri seseorang adalah karunia (pemberian) Allah Subhanahu Wa Ta'ala. baik itu kecantikan, kekayaan, kemampuan, ketrampilan, jabatan, dan sebagainya. untuk menguji apakah dengannya (karunia tersebut) akan membuat seseorang bersyukur ataukah malah menjadi semakin ingkar.

pujian


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan