Adab Pergaulan Antar Remaja (Muslim dan Muslimah)

pergaulan adalah keinginan dan kebutuhan setiap manusia. pergaulan (interaksi) telah terjadi baik ketika masih kanak-kanak, remaja, dewasa, maupun disaat  tua. sebagaimana firman Allah Subhanallahu Wa Ta’ala  dalam surat Al-Hujurat ayat 13 yang artinya:

wahai manusia! sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan,kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku suku agar kamu saling mengenal..." 

pergaulan begitu di perlukan dalam hubungan manusia supaya saling mengenal antara satu dan yang lain. Pergaulan akan lebih erat apabila pelakunya berusia seumuran. itu semua sangatlah wajar dikarenakan  orang yang menjalani pergaulan apabila usianya sebaya orang tersebut memiliki bayak kesamaan seperti sama permasalahannya, pemikirannya, serta tingkat perkembangan psikologisnya.

Tetapi kita perlu mengingat bahwasanya dalam pergaulan itu perlu didasari dengan ajaran agama, dan dengan norma norma yang harus dipatuhi karena setiap pergaulan itu tidak akan selalu membawa dampak yang baik. Apalagi remaja itu memiliki kemauan yang tinggi dan belum memiliki tingkat kestabilan emosi yang cukup baik dalam menyikapi sesuatu. Jadi sebagai orang tua yang bijak kita harus pandai pandai mendidik anak remaja terutama pada masa-masa sekarang. 

Didalam pergaulan kita sebagai umat manusia kita harus berpegang teguh pada pada ajaran agama begitu pula dengan norma susila yang ada pada kehidupan bermasyarakat .

berikut ini adalah adab pergaulan remaja: 

1. sebagai umat muslim kita harus menghormati antar sesama, dan tidak saling memperolok olok.
2. menjaga pandangan terhadap lawan jenis.
3. Menutup aurat
4. menghindari berduaan dengan lawan jenis pada tempat tempat sepi.
5. berbicara dengan tutur kata yang santun.
7. membiasakan mengucapkan salam saat bertemu ataupun berpisah
8. Mengajak untuk berbuat kebaikan (nasehat-menasehati dan tolong menolong untuk berbuat kebaikan)
9. dianjurkan bagi kita supaya bergaul dengan orang orang sholeh. Ingatlah selalu pesan pesan di atas, karena setan akan selalu menggoda dan berusaha menjerumuskan kedalam jurang maksiatan... 


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan