Akibat Buruk Dari Sifat Tamak Terhadap Harta

Perilaku-perilaku negatif yang Tumbuh diakibatkan dari sifat tamak antara lain :

1. Bakhil, sikap ini dipicu disebabkan cinta harta secara berlebihan sehingga enggan berbagi dengan orang lain yang membutuhkan
2. Egois, atau sikap yang hanya mementingkan diri sendiri.
3. individualis, sikap tidak peduli dengan lingkungan
4. Ambisius, hasrat berpacu untuk memperoleh harta sebanyak-banyaknya
5. Menjadikan harta sebagai, “berhala” (sesuatu yang dipuja-puja dan diimpikan) sehingga melengahkan hakekat tujuan hidup yang sebenarnya.

sifat tamak terhadap harta akan menjadikan orang tersebut semakin menjauh dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. sebab ia amat mencintai harta, dan secara perlahan ia melupakan dan menjauh dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala Yang Maha Mencukup dan Maha Memberi.

Pada saat ini, mayoritas manusia berlomba-lomba mengejar kehidupan mewah dan lebih cenderung konsumtif daripada hidup sederhana, bersahaja dan apa adanya. sedangkan salah satu akibat/dampak negatif dari pola hidup konsumtif adalah menumbuhkan sifak tamak terhadap harta. Lalu apakah yang dimaksud dengan tamak harta?

Tamak harta adalah keinginan yang besar untuk mendapatkan harta sebanyak-banyaknya yang dipicu oleh cinta harta secera berlebihan, seringkali juga dipicu oleh interaksi dalam pergaulan dengan pola hidup hedonisme dan konsumtif.

Islam tidak mencegah seseorang untuk menyukai harta, akan tetapi Islam mengingatkan dan dan mengajarkan supaya kecintaan tersebut tidak menjadikannya sebagai tujuan hidup satu-satunya.  ketahuilah, arah hidup manusia tidak terletak pada kecukupan harta, tetapi kebahagiaan rohani yang mengantarkan manusia pada kebahagiaan yang sebenarnya.

gila harta

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan