Antara Jazakallahu Khairan dan Ucapan Terima Kasih



Disaat seseorang mendapatkan bantuan dan kebaikan dari orang lain maka pada umumnya adalah mengatakan "terima kasih". namun, sebenarnya ada ucapan yang lebih baik dari kata terima kasih tersebut. ucapan tersebut adalah jazakallahu khairan 

Berikut adalah faidah atau hikmah jika menggunakan ucapan Jazakallahu Khairan. 
1. Ucapan/ungkapan yang sempurna ketika menerima kebaikan dari orang lain Dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang mengucapkan kepada saudaranya, "Jazakallahu khairan" maka sebenarnya dia telah sempurna dalam pengungkapan rasa terima kasihnya".

makna dari pengucapan jazakallahu khairan adalah "semoga Allah membalas dengan kebaikan yang setimpal" seperti yang dijelaskan dalam hadits tersebut, seumpama kita tidak mampu membalas kebaikan orang yang telah berbuat kebaikan tersebut, timbal balik kita telah cukup/sempurna, menurut Menurut Drs, ahmad Subqi, "disebabkan dalam pengungkapan tersebut kita menyadari akan kekurangan dan ketidakmampuan diri kita, lalu mengembalikan dan memasrahkan balasan kebaikannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala" 

2. Sebagai ungkapan hati atas rasa syukur kita kepada Allah dengan mengatakan jazakallahu khairan, kita menjadi tidak lupa diri. kita menjadi ingat dan sadar jika sebenarnya kebaikan tersebut datangnya atas ijin dan keridhoan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

 3. mengikuti ajaran yang di sunnahkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dalam tata cara mengungkapkan sesuatu atas kebaikan orang lain. tidak sedikit juga orang yang mengatakan dengan simple "jazakallahu.." yang berarti "semoga Allah membalas anda..." akan lebih tepat maknanya jika disempurnakan menjadi "jazakallahu khairan.." yang berarti, "semoga Allah membalas kebaikan anda dengan kebaikan yang setimpal" Wallahu A'lam Bishshawab.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan