Bagaimanakah Cara Menolak Lamaran Secara Halus?

assalamu'alaikum. saya punya teman laki-laki  di kelas, selama satu tahun ini dia nggak pernah ngobrol dengan saya. tapi, akhir-akhir ini dia berusaha untuk deket dan lebih mengenal saya. aneh memang, apalagi dia bilang mau maen ke rumah saya dengan alasan silaturahmi supaya tahu dan mengenal orang tua saya. padahal saya menganggap dia sebagai teman saja dan tidak ada sesuatu yang spesial dengannya. bagaimana mengatakan ke dia tanpa menyakitinya? jazakumullahu khairan 


 Menolak lamaran adalah hal yang kerap kali terjadi dalam kehidupan bersosial masyarakat. Namun kalimat penolakan terkadang menjadi sulit untuk dilakukan, sebab momen lamaran tidak terjadi setiap hari dan tidak terbiasa untuk dilakukan. apalagi jika pihak pelamar adalah dari keluarga dekat atau orang yang memang dekat dengan kita dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dalam kehidupan masyarakat jawa yang terkenal dengan istilah toto kromo-nya.

Tentu saja bagi seorang perempuan yang dilamar tidak akan secara spontan mengatakan, "sorry mas, lamaranmu aku tolak!". seorang perempuan dalam mengungkapkan penolakan lazim menggunakan kata yang lebih halus  atau kalau dalam isitilah bahasa dikenal dengan istilah personifikasi.

seorang perempuan dapat menggunakan kalimat personifikasi, contohnya : "Mas, Anda terlalu baik untuk saya... Anda selayaknya memperoleh wanita yang lebih sepadan dari saya... dst"

itu hanya sebuah contoh, anda dapat menggunakan kata lain yang tentunya lebih sopan dari kalimat tersebut. disesuaikan dengan situasi dan cara berinteraksi anda dalam sehari hari dengan pihak si pelamar.

 Dengan jawaban seperti contoh tersebut, pemuda yang melamar tidak akan merasa sakit hati, akan tetapi mengerti dan dapat menerima kenyataan jika cintanya telah nyata bertepuk sebelah tangan.

Wallahu A'lam Bishshawab



 Wallahu A'lam Bishshawab.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan