Bunda, Berhati-hatilah Mengunggah Foto Si Kecil....

Pada zaman sekarang, tekhnologi sudah semakin canggih. media informasi dan sosial sudah menjadi kebutuhan dan diakses oleh sebagian besar penduduk di belahan dunia. membagikan postingan artikel, gambar, ataupun video dapat dilakukan dengan begitu mudahnya.

berbagi foto diri, keluarga, ke sosial media dapat menjadi sebuah kebanggaan bagi orang tua. Apalagi pada momen tertentu, seperti saat jalan-jalan, belanja pakaian baru, momen ulang tahun, dan sebagainya. hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang menggemaskan. tetapi, ayah bunda ketahuilah bahwa tidak semua hal dapat atau boleh kita bagikan. objek yang kita bagikan dapat menjadi sumber informasi bagi kejahatan online. berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh kita bagikan pada media sharing sosial. 

anak


1. Foto anak ketika auratnya sedang tidak tertutup.
didiklah pada anak-anak kita agar mempunyai rasa malu sedari kecil. tanamkanlah sedari dini, sebab rasa malu adalah dasar dari terbentuknya akhlak yang baik. 

2. foto ketika sedang mandi atau ketika sedang berada di toilet. 
jangan bagikan foto anak ketika sedang mandi atau sedang berada ditoilet, sebab ditangan orang yang tidak baik, foto tersebut dapat di edit menjadi foto yang tidak pantas. foto yang sudah pernah di upload bisa saja disimpan oleh orang lain, bayangkan jika suatu saat sudah besar/dewasa? seberapa malunya seorang anak jika melihat foto dirinya yang masih kecil dan tak menutup aurat dimiliki oleh orang lain atau diketahui oleh orang lain. 

3. Foto yang memalukan 
seringkali mengapload foto anak dengan pose yang kita anggap lucu dapat membuat orang lain tertawa menjadi hal yang menyenangkan. foto konyol, jahil, dan sebagainya. ketahuilah, bahwa foto tersebut dapat menjadi tekanan psikis saat sang anak telah mengerti rasa malu, ahli perkembangan psikologi anak menyebut hal tersebut sebagai child shaming online. 

4. Foto Anak bersama teman-temannya 
Jangan sembarangan mengunggah foto sang anak bersama teman-temannya, sebab tidak sedikit yang menjadi sumber permasalahan bagi orang tua teman-teman anak kita jika kita unggah tanpa mendapatkan ijin terlebih dahulu. 

5. Foto Anak Melakukan sesuatu yang tidak pantas dan tidak aman 
pernahkan anda melakukan secara sadar atau membiarkan sang buah hati berpose lucu-lucuan dengan botol bir. atau mungkin disaat berbonceng dengan posisi yang tidak aman, jangan lakukan hal tersebut. sebab, dapat memicu kontroversi dan membuat anda maupun si kecil mendapat penilaian negatif. 

6. Beberapa hal yang menyangkut data pribadi 
cegahlah berbagi identitas anak, alamat, hobi, tempat yang biasa dikunjungi dan hal lain yang bersifat pribadi. sebab kita tidak mengetahui jika secara tersembunyi terdapat seseorang yang sedang mengintai untuk tujuan tertentu. bagikanlah sesuatu secara bijak dan sewajarnya, jangan sampai kitalah yang menjadi perantara atas sesuatu yang buruk terhadap anak. Naudzubillah....
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan