Pelajaran Berharga Dalam Kisah Qarun

Tahukah kalian tentang kisah Qarun? Qarun merupakan orang yang sangat kaya raya. Harta kekayaan yang dimilikinya sangat berlimpah. akan tetapi Qarun sangat kikir, sombong, dan tamak terhadap harta

Disebabkan kekayaannya itulah, ia enggan menyembah kepada Allah, dan enggan mengeluarkan zakat. Qarun beranggapan bahwa harta yang ia miliki adalah hasil jerih payahnya sendiri. begitu juga dengan pengetahuan dan ilmu yang ia miliki. ia merasa dan berfikiran bahwa tidak ada keterlibatan Allah dalam proses ia memperoleh harta yang banyak,  ia-punberfikiran jika harta yang ia miliki adalah hasil kecerdasan, kerja keras, dan kepandaian yang ia miliki. ia  lupa dan lalai kepada Allah.

Akibat dari sifat serakah dan rasa haus yang tidak berkesudahan terhadap harta, Allah mengazabnya dengan menenggelamkan Qarun dan harta kekayaanya ke dalam tanah. (asal muasal muncul istilah/ungkapan harta karun bagi orang menemukan harta/emas dari dalam tanah)

kisah  tersebut memberikan gambaran dan pelajaran bagi orang yang menjadikan harta kekayaan sebagai tujuan hidup dan “berhala” yang selalu dipuja-puja sehingga melahirkan sikap kikir dan serakah.

Oleh sebab itu, sepatutnya kehidupan dunia kita jadikan sebagai jembatan menuju kehidupan akhirat yang abadi, jadikalah kehidupan dunia sebagai ladang untuk menanam banyak banyak benih kebaikan, yang hasilnya akan kita panen pada kehidupan akhirat kelak. in syaa Allah… aamiin


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan