Pesan-Pesan Terakhir Rasulullah Dalam Khutbah Pada Haji Wada

pada tahun ke-10 hijriyah, kaum muslimin yang mendampingi Rosullulah untuk melaksanakan ibadah haji berjumlah kisaran 100.000 orang. Haji yang dilaksanakan tersebut merupakan haji perpisahan antara kaum muslimin dengan Sang Kekasih Allah, Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam (yaitu yang disebut haji wada).

  Setelah Rosululah menunaikan ibadah haji wada tersebut yang dilakukan dengan sempurna,tepat pada tanggal 8 zulhijah, Rosulullah melanjutkan perjalanannya ke mina dan bermalam di mina. Kemudian pada tanggal 9 zullhijah, Rasululah kembali melanjutkan perjalannya ke padang arafah dan beliau berkhotbah  di hadapan kaumnya. khotbah tersebut dinamakan khotbah wada karena merupakan khotbah perpisahan.

Beberapa isi khotbah tersebut diantaranya:
1.supaya umat muslim tidak membunuh antara sesama saudaranya (sesama muslim)
2.untuk menjaga kehormatan yang ada pada diri orang lain.
3.dilarangnya mengambil sesuatu yang bukan haknya.
4.diperintahkannya bagi seorang suami supaya memperlakukan istrinya dengan baik, begitupun seorang istri yang harus dapat menjaga hak-hak yang ada pada suaminya.
5.beliau memberi Nasehat kepada kaum muslimin supaya tidak keluar dari agama islam.
6.beliau mengajarkan untuk selalu  mengikuti ajaran Al Qur'an supaya manusia tidak berada pada jalan kesesatan.dan beliaupun menitipkan pesan supaya bertakwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, karena seorang muslim yang mulia disisi-Nya adalah seorang muslim yang bertakwa.
Dan ketahuilah takwa berarti mengikuti semua yang diperintahkan oleh allah Subhanahu Wa Ta'ala dan menjahuhi perkara yang di bencinya.
 
Ketika pelaksanaan haji dan khotbah perpisahan tersebut maka diturunkanlah wahyu Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang terakhir :
al maidah




Wallahu a'lam Bishshawab
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan