Keutamaan Shaf Paling Depan Bagi Orang Yang Memakmurkan Masjid

Assalamualaikum Wa Rahmatullah Wa Barakatuhu

Tidak sedikit kaum muslim yang tidak bersegera menghadiri shalat jum'at, baik karena malas, tidak bersemangat, akibatnya melakukan persiapan kemasjid dengan sangat lamban.

Sedang Rasulullah telah berpesan, "Tidaklah suatu kaum mengakhirkan (yaitu menuju masjid) hingga Allah akan mengakhirkan (kebaikan) mereka"


dan inilah kabar gembira dari Rasulullah tentang keutamaan shaf paling depan bagi orang yang memakmurkan masjid :


1. “Seandainya manusia mengetahui apa yang ada (yaitu keutamaan) di dalam seruan (adzan) dan shaf pertama, lalu mereka tidak bisa mendapatkan shaf tersebut kecuali dengan undian, sungguh mereka akan melakukan undian untuk mendapatkannya” (HR Bukhari ).

2. “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang di shaf awal, dan muadzin itu akan diampuni dosanya sepanjang radius suaranya, dan dia akan dibenarkan oleh segala sesuatu yang mendengarkannya, baik benda basah maupun benda kering, dan dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang shalat bersamanya” (HR Ahmad dan An Nasa’i).


3. “Hadirilah khutbah jum’at dan mendekatlah kepada imam. Karena seorang yang selalu jauh dari imam, menyebabkan ia terbelakang dalam memasuki surga, andai ia memasukinya kelak” (HR Abu Daud, Al Hakim dan Ahmad).

4. “Seandainya kalian atau mereka mengetahui keutamaan yang terdapat pada shaf yang terdepan, niscaya itu sudah jadi bahan undian untuk merebutnya” (HR Muslim).

5. "Sesungguhnya ALLAH dan Para MalaikatNYA memuliakan jamaah sholat pada shof tedepan" (HR Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah).

6. "Sesungguhnya Para Malaikat datang pada Hari Jum'at, lalu duduk di pintu-pintu mesjid untuk mencatat hamba ALLAH yang datang pertama, kedua dan ketiga. Nilainya pahalanya berdasar urutan mereka datang sampai imam keluar. Ketika imam keluar Para Malaikatpun meninggalkan mesjid dg membawa catatan amal" (HR Ahmad).

7. "Sungguh manusia datang duduk dihadapan ALLAH di akhirat kelak berdasarkan urutan kedatangan mereka untuk sholat jum'at" (HR Ibnu Majah).


8. "Seandainya manusia mengetahui keutamaan besar pahalanya adzan dan sholat berjamaah di shaf terdepan, niscaya mereka akan mengundinya. Seandainya mereka mengetahui keutamaan besar pahalanya mengikuti takbir imam yang pertama, niscaya mereka berlomba. Seandainya mereka mengetahui keutamaan besar pahalanya sholat berjamaah isya dan subuh di mesjid, pasti mereka akan melaksanakan "law habwan" walau dengan MERANGKAK" (HR Muttafaqun alaihi).

Masya Allah, hal tersebut itulah yang memantapkan hati seorang muslim, sehingga ia turut dalam perlombaan untuk memakmurkan masjid berada di shaf terdepan.

hayatilah ayat dalam Al-Qur'an Surat Al-Hadiid ayat 21 berikut :

"Berlomba-lombalah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar."


Ketahuilah, sungguh rahmat Allah dan segala karunia pemberian-Nya  sangat luas bagi hamba yang hatinya gembira, bersemangat dan terus beramal secara istiqamah dengan berjamaah di mesjid dan berlomba-lomba berada di shaf terdepan.


berbagilah, maka kita juga akan termasuk dalam bagian wasilah penyebar kebaikan... in syaa Allah, aamiin.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan