Sedikit Namun Istiqamah, Adalah Lebih Allah Cintai

Bismillahirrahmanirrahim, Segala puji hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Dalam riwayat Muslim, Rasulullah bersabda,  

 أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ
"Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang dawam/berkelanjutan (secara terus menerus) meskipun sedikit"


jadi sebuah amal shaleh meskipun ia mungkin dianggap bernilai kecil, akan tetapi jika dikerjakan secara terus menerus (istiqamah) adalah lebih Allah sukai.

sebuah amal shaleh, sebuah ibadah menjadi disukai sebab dzikirnya juga akan terus menerus, ingatannya pada Allah tak lepas waktu, mendekatnya pada Allah juga terus menerus.

seorang muslim yang rutin membaca Al-Qur'an sebanyak satu halaman (meskipun sedikit), namun dia secara istiqamah mengamalkannya setiap ba'da shalat. maka itu adalah lebih utama daripada mengkhatamkan Al-Qur'an selama sehari semalam, lantas setelah khatam tidak lagi menyentuh Al-Qur'an dalam jangka waktu yang lama.

hikmahnya, semakin seorang muslim memperbanyak bacaan Al-Qur'an dengan lisannya. semakin banyak pula penglihatannya terhadap untaian ayat terekam. begitu pula dengan pendengarannya, semakin pula terdengarkan ayat-ayat Allah. dan kesemuanya mengalir menyentuh hati. semakin hati teringat akan Allah, maka akan terjaga hatinya, terjaga perilakunya. dan puncaknya adalah makin mulia akhlaknya.

seperti halnya sebuah batu besar yang secara terus menerus ditetesi air, lambat laun akan terbentuk pula sebuah lubang. itulah gambaran sebuah kekuatan yang bernama istiqamah.

jangan remehkan sedekah meskipun kita memberikannya dalam nominal yang sangat kecil. jangan remehkan do'a saat kita akan memasuki kamar mandi, jangan remehkan do'a saat kita akan tidur. jangan remehkan shalat-shalat sunnah, jangan remehkan ilmu yang kita bagikan meskipun sedikit, jangan remehkan kebaikan kecil meskipun itu hanya sebuah senyuman.

ingatlah sebuah ibadah tidak hanya dinilai dari besarnya, akan tetapi juga dari ke-istiqamahan dalam menjalankannya.

akhirnya, marilah kita meminta kepada Allah, semoga kita diberikan kekuatan untuk beramal shaleh dan terus menjalankannya secara istiqamah. aamiin

Bagikanlah, dengan tetap mencantumkan link kami www.ustadzah.com 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan