Fungsi Rumah Bagi Seorang Muslim

kediaman (rumah) untuk orang-orang yang beriman tidak hanya menjadi tempat berteduh, ruang untuk untuk tinggal. Hamba-hamba Allah yang beriman sangat memahami Makna Dari Arah dan Tujuan Hidup yang yang sangat singkat ini.

Bagi hamba-hamba Allah yang beriman, rumah akan memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Al-Mushalla
rumah menjadi tempat ibadah untuk meraih pundi-pundi keridhaan Allah. sebagai Al-Mushalla rumah akan diisi dengan Tadabbur Al-Qur'an. sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Baihaqi, "terangilah rumah-rumahmu dengan shalat dan membaca Al-Qur'an"

2. Al-Madrasah
Rumah menjadi majelis untuk belajar, memperdalam ilmu. dengan Orang Tua sebagai guru suri teladannya, dan anak-anak sebagai santri-santrinya. begitu pula dengan istri terhadap suaminya. lihatlah bagaimana lukman memberikan nasehat kepada putranya dalam Surat Lukman Ayat 13.

"Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".

3. Al-Junnah
keluarga menjadi benteng penjagaan terhadap keimanan, serta dari berbagai penyakit sosial. sebagaimana yang diriwayatkan oleh Dailami dalam sebuah hadits "Selamatnya seseorang ketika terjadi fitnah adalah dengan menetapi rumahnya"

4. Al-Maskanah
penghapus duka dan pemberi ketenangan,

perhatikan Al-Qur'an Surat Ar Ruum ayat 21,
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

5. Al Maulud
tempat melestarikan anak keturunan 

Perhatikan Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 1.
Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri (Adam), dan daripadanya Allah menciptakan istrinya ; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan (silaturrahmi). Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

6. Al Markaz
rumah sebagai awal pembentukan generasi islam yang tangguh, awal dari pemeliharaan dan peletakan dasar islam dan keimanan menuju ridha Allah. 

Perhatikan Al-Qur'an Surat At-Tahriim ayat 6,
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu"

7. Al Mahyaus sunnah
Rumah sebagai ruang untuk menghidupkan Sunnah Rasulullah SAW, 

Perhatikan Al-Qur'an Surat Al-Ahzab ayat 21
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. 

8. Al-Marham
Keluarga sebagai wadah menjalin silaturrahmi, dengan lingkungan disekitar, serta saudara sesama mu'min. 

Perhatikan Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 1.
Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri (Adam), dan daripadanya Allah menciptakan istrinya ; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan (silaturrahmi). Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

9. Al Masykuur
Rumah sebagai wadah/tempat bersyukur untuk segala karunia yang telah diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Perhatikan Al-Qur'an Surat Ibrahim ayat 7.
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". 

Sahabat ustadzahku, uang mungkin bisa membeli rumah, namun belum tentu dapat membeli tempat tinggal.

uang bisa kita tukar untuk mendapatkan rumah yang super mewah. namun ia tidak dapat membeli ketenangan yang ada didalamnya. kebahagiaan yang mestinya tumbuh didalamnya. terkecuali rumah tersebut ditempati oleh hamba-hamba Allah yang taat dalam iman dan islam. in syaa Allah rumah akan menjadi tempat tinggal, in syaa Allah kebahagiaan dan damai akan menghiasinya. SYURGA SEBELUM SYURGA YANG SEBENARNYA.

Ya Allah, jadikanlah rumah kami adalah kediaman yang penuh dengan keridhaan, kasih sayang, dan Keberkahan darimu.. aamiiin
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan