Persengketaan Pada Hari Kiamat

Dan kemudian Kami sungguh lebih mengetahui orang-orang yang seharusnya dimasukkan ke dalam neraka. Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.Surat (Maryam Ayat 70-71)


Terkait ayat ini, Abu Ayyub Al-Anshari ra. meriwayatkan bahwa Rasulullâh shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Yang pertama kali akan bersengketa pada Hari Kiamat adalah suami dan istrinya. Demi Allah, kala itu lisan perempuannya kelu. Yang berbicara hanya kedua tangan dan kakinya. Dia menjadi saksi akan kewajibannya atas hak suaminya. Dia pun menjadi saksi atas kewajiban suami terhadapnya. Selanjutnya, seorang suami didakwa bersengketa dengan pembantunya. Para pedagang di pasar yang bersengketa pun didakwa.

Kemudian, setelah berbagai kebaikan disampaikan kepada yang dizalimi dan berbagai keburukan telah ditetapkan atas orang yang menzalimi, dia pun di hadapkan kepada para malaikat yang bengis dalam keadaan terkekang besi. Lalu, dikatakan (kepadanya), ‘Bawalah (orang ini) ke neraka’.

Maka, demi Allah, aku tidak tahu apakah mereka akan memasuki neraka ataukah sebagaimana Allah Ta’ala firmankan (dalam surah Maryam ayat ke-71) ini.” (HR Ath-Thabrani dan Ibnu Mardawaih dengan sanad yang baik, dalam Jalâluddin As-Suyuthi, Ad-Durr Al-Mantsûr fit Ta’wîli bil Ma’sûr, 8/451)

Saudaraku, pastikan selalu agar di antara kita dan pasangan tidak ada permusuhan dan kezaliman yang bisa menyebabkan lahirnya kesusahan pada Hari Perhitungan. Perbanyaklah introspeksi diri, saling mengingatkan dan saling memaafkan. Insya Allah, itu akan lebih meringankan hisab.

source : Teh Ninih
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Download Aplikasi Cerdas Cermat Islami ==>Disini
Download Aplikasi untuk melatih kecepatan berhitung==> Disini

6 komentar:

  1. diakhirat umumnya orang memikirkan diri sendiri tdk mempedulikan keluarga,anak,istri dan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi saya ukherat tujuan utama, kita pulang juga kesana
      justru kata ustadz ketika kita berkumpul lagi disana keinginan kita justru ingin kita berkumpul disana sekeluarga layaknya dahulu kita didunia, pertanyaannya BISAKAH?
      kata ustad kalo rumah tangga telah melakukan pernikahan lebih dari sekali tentu akan lain hasilnya.. maksut nya nanti ?

      Kita akan dikumpulkan dengan istri kita yg kedua padahal ngarep bangetz dengan si istri PERTAMA salam kenal dari I GDE RISKI MSIP asal Kota Tasikmalaya, SALAM KENAL

      Delete
  2. keadaan yang sangat menakutkanlah yang membuat orang sdh tidak bisa memikirkan orang lain keciuali dirinya saja

    ReplyDelete
  3. hanya ada beberapa saat saja orang akan ingat kepada keluarga anak dan orang lain yaitu saat di hisab,sirotol muntaha dan mijan dan itupun karena hanya ingin saling melempar dosa dan tanggung jawab saja

    ReplyDelete
  4. keadaan neraka yang begitu menyeramkan seorang ibu akan rela menumbalkan anaknya demi keselamatannya

    ReplyDelete
  5. sebegitu dahsyatnya siksa neraka sehingga yang melihatnya saja menjerit ketakutan

    ReplyDelete

Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan